16 May 2013

Uji Kompetensi Kultural dan Potensi Manajemen Diri



LIP -Keduabelas student yang mengikuti program LIP (Losnito Intensive Program) sudah menamatkan program beberapa waktu yang lalu (10/5/2013).

Sebelum tamat LIP mereka melewati berbagai ujian akademik, ujian masuk Freshman Program dan uji kompetensi Kultural.

"Keberhasilan studi di luar negeri antara lain ditentukan oleh wawasan kultural mahasiswa, kemampuan mahasiswa beradaptasi dengan budaya lain, serta kemampuan untuk mengatur waktu dan menata keuangan pribadi. Program "Kompetensi Kultural & Potensi Manajemen Diri" dimaksudkan untuk melacak wawasan kultural calon mahasiswa, kemampuan beradaptasi dengan budaya lain, gambaran diri mahasiswa serta potensi diri pengelolaan waktu dan keuangan",

Wawasan Kultural: lingkungan tempat tinggal, dan jangkaun senang dan tidaknya, dengan siapa ia bergaul, apakah sesuku atau tidak, akan mempengaruhi wawasan kulturalnya dan sangat penting untuk adaptasi diri bila berada di luar negeri.

Kemampuan Beradaptasi Secara Kultural: keunggulan dan kekurangan budaya suku berpengaruh dalam interaksi adat istiadat dan kebiasaan yang sudah menjadi budaya suku lainnya.

Gambaran Diri: menilai diri dan melihat orang lain menjadi cerminan apakah yang bersangkutan bisa bahagia hidup dengan orang lain.

Potensi Pengaturan Waktu: pengaturan waktu terikat dengan sikap tegas dalam menentukan prioritas yang dikerjakan dan penundaan dalam pekerjaan. Jika prioritas kerja dijalankan maka berhsil dan berpretasi akan mengikutinya.

Potensi Pengelolaan Keuangan: jangan sampai orang menjadi korban uang sehingga tidak bisa membedakan pembelanjaan atas dasar kebutuhan dan keinginan sesaat. Karena itu, belajar tertib, mencatat keluar masuknya uang, dalam keuangan sangat penting untuk masa depan.

0 komentar:

Post a Comment